Indonesian Medical Olympiad 2014

Pertemuan ku dengan seorang sahabat yang tidak pernah berjumpa selama 3,5 tahun hari itu bukanlah hal yang disangka-sangka. Meskipun pada awalnya hubungan ini diawali dengan pertengkaran namun di akhir tetap ia jua lah yang sering menemani masa-masa SMA ku..di berbagai bidang
November lalu, aku menjadi delegasi kampus untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional, perlombaan ini cukup bergengsi..dimana seluruh mahasiswa fakultas kedokteran se-indonesia akan bersaing untuk meraih gelar juara pada kompetisi ini. Ya..bukan hal yang mudah memang, mengingat semua rival ku adalah mahasiswa-mahasiswa terbaik di kampusnya dan pssttt..bahkan ada yang mengaku bahwa mereka telah mendapat bimbingan selama 1 tahun. Sugoi!
Sekedar info saja, perlombaan ini dibagi menjadi 6 cabang, yaitu cardiorespiration, musculosceletal, neuropsychiatry, urogenitorepro, infection and digestive. Setiap cabang ini diikuti dalam bentuk team dan 1 team berisi dua orang. Dari awal aku sudah mengajak satria untuk menjadi partner ku di lomba ini, entah kenapa aku lebih tertarik untuk bekerja dalam team dgn seorang pria daripada wanita, mungkin karena mereka lebih profesional dan dapat diandalkan.
***
27 November 2014
Kami berkumpul di kampus untuk minta izin dan do'a dari dekanat. 

Hari itu adalah hari pertama kegiatan yang diawali dengan opening ceremony di ball room hotel basko. Kami berangkat dengan dua mobil. Aku bersama Nike dan Hafidz menumpang dengan mobil Satria sedangkan teman yg lain bersama mobil Iva.
Setibanya di hotel, kami disuguhi dengan pemandangan ratusan koper yang berjejer rapi di lobi hotel, takjub juga melihatnya. Aku bergumam dalam hati, "ini peserta lomba apa calon jemaah haji?". Wajar saja, total peserta lomba ini adalah 512 orang!

Kami pun turut 'memarkirkan' koper dengan rapi di lobi karena openingnya jam 7 malam, sedangkan kami sudah harus registrasi ulang jam 4 sore...dan..setelah registrasi pun belum mendapat kunci kamar...ohh panitiaaa *why??? Bisa dibayangkan para peserta yg ratusan orang itu cuma bisa duduk-duduk kyk gembel ampe nunggu jam 7. Puahahah
Saat duduk seperti itulah, tampak sosok yg tak asing memanggilku.."yopeeee" oh..itu dia..Murni..Pertemuan ku dengan seorang sahabat yang tidak pernah berjumpa selama 3,5 tahun hari itu bukanlah hal yang disangka-sangka. Meskipun pada awalnya hubungan ini diawali dengan pertengkaran namun di akhir tetap ia jua lah yang sering menemani masa-masa SMA ku..di berbagai hal.
Aku segera bangkit dan tertawa saat melihatnya. "Woy..murniiii apa kabar?"
"Baik. Bentar aku liat dulu..ohh..udah berubah ya.."
"Berubah gimana?"
"Jilbabnya makin lebar"
"Heheheh"
Banyak yg kami singgung saat itu..bahkan aku pun di bully oleh murni, "ngomong mu udh kayak orang padang yop, mukamu juga.. HAHAHHA"

Setelah opening ceremony yang kebanyakan kata sambutan dan sedikit hiburan tersebut (hehe) acara pun selesai..sekitar jam 11 malam. Lalu aku menuju kamar 373..aku sekamar bersama Santy dari Universitas Islam Bandung dan Titin dari Universitas al-azhar. Mereka berdua adalah roommate yang super ramah, cantik, wangi dan easy going. FYI, aku dan teman2 ku belajar bersama malam itu di lorong hotel, review sih lebih tepatnya, mengingat esok hari perlombaan di mulai.


Esok paginya seluruh delegasi menaiki bus menuju FK Unand, lokasi diadakannya lomba. Aku yang bersama Satria mewakili cabang musculosceletal praktis terpisah dengan tmn2 cabang lainnya. Test pertama adalah OSPE (Objective Structured Practice Examination), kami melewati 5 post untuk OSPE Histologi dan Anatomi. Tiap post diberi waktu 45 detik yg terdiri dari 4 soal. Sedangkan OSPE di Laboratorium Biokimia dilaksanakan pemeriksaan Mikrobiologi, Parasitologi, Radiologi, dll. Pada OSPE PP ini terdapat 10 post dan masing-masing terdiri dari 2 butir soal yg terdiri dari histologi, anatomi dan pemeriksaan penunjang. Alhamdulillah kami bisa melaluinya. Test selanjutnya setelah ishoma adalah MCQ, soal mcq berjumlah 150 soal yang dikerjakan dalam waktu 120 menit. Alhamdulillah semua berjalan lancar.
Anatomi
Pemeriksaan Penunjang
MCQ
Muka capek dan kurang tidur
29 November 2014
Pagi yang mendebarkan saat panitia mengetuk seluruh pintu kamar sambil berteriak.."pengumuman sudah keluar"
Kaki ku rasanya langsung lemas. Aku hanya bertanya melalui group di line..apakah aku dan satria lolos ke babak selanjutnya, lemes mau jalan ke lobi buat liat pengumuman. Meskipun agak kecewa kami (aku dan satria, cab. Muskulo) bertengger di peringkat ke 19, tapi kekecewaan ini lumayan terobati saat mengetahui UI pun hanya berada di peringkat 16 hehehe..dan univ lain seperti unpad, trisakti, udayana, yarsi berada di bawah kami..ahh..sudahlah..*lempar sobotta*
Mayan...hmm

Tetap bersyukur..bahkan sudah menjadi bagian dari IMO ini pun adalah suatu prestasi. Alhamdulillah


Sampai jumpa lagi mur, di pertemuan internasional..mungkin..hehe aamiin



Comments

Popular posts from this blog

Tangisan kucing? Hati-hati.

Terkenang

Resolusi 2018